© 2025 Suba-arch. All Rights Reserved.
Design with Understanding

Alur Perencanaan Suba-arch

Merencanakan pembangunan rumah maupun bangunan komersial membutuhkan proses yang sistematis agar hasil akhir sesuai harapan.
Di Suba Arch, tahapan perencanaan disusun secara profesional sehingga klien mendapatkan gambaran yang jelas dari awal hingga dokumen teknis siap digunakan.Berikut adalah alur perencanaan arsitek Suba Arch:

1. Konsultasi Awal

Tahap pertama adalah diskusi bersama admin Suba-arch terkait kebutuhan dan permasalahan bangunan Anda. Di sini, kebutuhan ruang, permasalahan, luas lahan, luas bangunan (bila renov), gaya desain, kondisi lingkungan dan batasan anggaran dapat disampaikan kepada admin kami.

1-2. Survey Lapangan

Apabila anda belum memiliki data lahan atau bangunan eksisting, maka Admin akan menyarankan untuk melakukan survey dan konsultasi langsung bersama Arsitek Suba-arch di lokasi proyek.  Aktivitas ini meliputi konfirmasi kebutuhan dan permasalahan desain, pengukuran lahan, analisis arah matahari, sirkulasi udara, kondisi lingkungan, serta regulasi setempat. 

Biaya survey akan berlaku sebagai commitment fee dan akan dikembalikan apabila lanjut ke perencanaan. Kecuali Anda menyelesaikan termin 1, maka biaya survey memperoleh potongan 50%-100% (gratis) sesuai minimum ketentuan perencanaan.

2. Dokumen Penawaran

Data hasil konsultasi, dan data lahan yang admin kami peroleh adalah data acuan dasar pembuatan dokumen penawaran perencanaan yang lebih efisien dan realistis. Penawaran tersebut berisi rekomendasi luas bangunan, dan rekomendasi paket perencanaan sesuai tujuan proyek Anda.
 

3. Penyusunan Denah (Termin 1)

Setelah penawaran telah anda setujui, dan administrasi termin 1 telah anda selesaikan. Maka selanjutnya Arsitek akan menyusun denah tata ruang sesuai seluruh data yang terkumpul menggunakan Suba Understanding Method. Denah menjadi dasar utama penentu yang cukup signifikan terhadap visual, dan anggaran bangunan Anda.

4. Visualisasi 3D Eksterior & Interior (Termin 2)

Setelah denah disetujui, dan Anda telah menyelesaikan administrasi termin 2. Selanjutnya arsitek akan melanjutkan proses ke pembuatan 3D modeling dan rendering. Di tahap ini Anda dapat melihat bentuk 3D eksterior maupun interior dari bangunan Anda. Di tahap ini juga (khusus paket diamond) perhitungan Arsitek dan ahli struktur akan berkoordinasi untuk menghitung struktur dan memastikan keamanan bangunan sebagai acuan pada gambar teknis selanjutnya.

5. Pembuatan DED & RAB (Termin 3)

Setelah 3D disetujui dan administrasi termin 3 telah Anda selesaikan. Maka perencanaan akan masuk pada tahap terakhir yaitu penyusunan Detail Engineering Design (DED) dan Rencana Anggaran Biaya (RAB). Dokumen ini menjadi pedoman resmi bagi kontraktor atau pelaksana, sehingga pembangunan berjalan lebih terarah, sesuai anggaran, dan minim risiko kesalahan.

6. Pengiriman Produk

Apabila seluruh administrasi telah diselesaikan, dan.seluruh produk telah selesai dikerjakan, maka produk akan dikirim baik secara soft copy via online maupun secara hard copy secara fisik ke alamat Anda (khusus paket tertentu).

7. Pasca Perencanaan

Setelah produk Anda peroleh, Anda akan memperoleh garansi perencanaan lifetime apabila terdapat kesalahan pada gambar perencanaan.  Anda juga dapat berkonsultasi dengan arsitek Suba-arch apabila ada perlu penjelasan lebih lanjut dari produk perencanaan yang Anda dapatkan.
————————————————

Optional: Apabila anda ingin melanjutkan perencanaan ke tahap pelaksanaan bersama tim kontraktor Subacon. Maka anda akan menuju step 8.

Layanan Subacon ini bersifat ekslusif dengan slot terbatas. Karena progress, kualitas material dan keuangan akan diawasi secara mendetail. Sehingga apabila Anda sungguh sungguh untuk membangun bersama Subacon Anda dapat request penjelasanan kontrak layanan konstruksi dan apabila Anda sudah mantap dengan kontraknya, Anda dapat lakukan komitmen fee (bila masih tahap perencanaan) atau DP layanan kontraktor (apabila perencanaan telah selesai) dengan nilai sesuai kesepakatan.

————————————————

8. Persiapan Subacon

Setelah kontrak kerja telah ditandatangani dan DP telah Anda selesaikan. Persiapan pelaksanaan akan dilakukan maksimal 30 hari. Tahap persiapan adalah tahap penting karena tim pelaksana dan pengawas akan dibentuk khusus untuk project Anda. Kemudian seluruh vendor akan dipersiapkan, seluruh tim akan memperoleh koordinasi, dan strategi pelaksanaan akan direncanakan agar seluruh tim dapat bekerja secara maksimal secara kinerja tapi efisien secara anggaran.

9. Proses Pelaksanaan Subacon

Setelah persiapan selesai, maka tim akan berangkat ke lokasi project dan melaksanakan project pembangunan. Tim pengawas dan arsitek akan mengawasi secara berkala untuk memastikan kualitas sesuai dengan yang diharapkan.
 
Anda dapat memantau progress dan keuangan project kapanpun dan dimanapun Anda berada melalui link yang dapat Anda akses melalui smartphone Anda. Anda akan memperoleh pemberitahuan apabila saldo mencapai angka penagihan hingga pelaksanaan selesai dikerjakan.

10. Pasca Pelaksanaan Subacon

Setelah pelaksanaan selesai dan bangunan sudah terbangun. Anda akan memperoleh garansi bangunan selama 90 Hari atau sesuai kesepakatan. Dan selamat menghuni rumah impian Anda.

————————————————

F A Q Jasa Desain Rumah Suba-Arch

Demi menjaga etika profesi dan bisnis, maka Suba-Arch menjelaskan harga paket secara personal bersama klien saat konsultasi.

Waktu penyelesaian bervariasi tergantung kompleksitas dan feedback klien. Oleh karena itu, waktu desain biasanya memerlukan waktu 7-14 hari kerja, tahap 3D dan render 10-15 hari kerja, dan tahap gambar teknis 15-20 hari kerja.

Layanan Suba-Arch mencakup konsultasi hingga desain dapat dibangun, desain interior, konsultasi online via Zoom atau Google Meet, bantuan pengajuan PBG, revisi desain sesuai kuota. Informasi selengkapnya tertuang dalam kontrak kerja antara Suba-Arch bersama klien.

Untuk mempercepat proses, Anda bisa mempersiapkan informasi tentang lokasi lahan seperti berikut

Contoh:

  • 1 kamar tidur utama, 1 kamar mandi utama, 1 walk in closet utama
  • 3 kamar tidur anak, 3 kamar mandi anak, 3 walk in closet anak
  • 2 kamar mandi Luar
  • 1 kamar ART, 1 kamar mandi ART
  • 1 ruang tamu, 2 ruang keluarga, 1 ruang makan, 1 dapur kering, 1 dapur basah
  • 1 gudang, 1 ruang laundry, 1 ruang jemur
  • 1 ruang belajar, 1  ruang kerja, 1 kamar suci/mushola
  • 1 ruang multimedia (movie), 1 ruang fitness/gym
  • 1 rooftop
  • 1 garasi 4 mobil, 1 carport kapasitas 2 Mobil
  • 1 tangga, 1 teras depan, 1 teras belakang
  • 1 balkon depan, 1 balkon Belakang
  • 1 kolam renang, 1 pool deck, 1 kolam Ikan

Apabila Anda belum memiliki rincian tersebut, Suba-Arch akan memberikan rekomendasi terbaik untuk Anda.

Kami menyediakan jasa konstruksi dengan kuota terbatas untuk daerah Jabodetabek, Sukabumi, Bandung, Cianjur dan sekitarnya. Untuk informasi selangkapnya Anda dapat menghubungi kami melalui WhatsApp 0857 2588 9448.

Ya, saat ini Suba-Arch melayani survei lokasi untuk daerah Jabodetabek dan Jawa Barat (daerah yang masih dalam jangkauan kami).

Survei dilakukan apabila Anda tidak memiliki data terkait lahan atau Anda ingin konsultasi secara offline terkait lahan tersebut.

Biaya survei area Sukabumi mulai Rp 700 ribu, Jabodetabek, Bandung dan Cianjur mulai Rp 1 juta 500 ribu sedangkan area lainnya silakan menghubungi kontak kami. Survei juga dapat dilakukan secara free, apabila jasa desain yang digunakan mencapai nominal Rp 12 juta.

Kami hanya membantu pengajuan PBG bagi klien yang menggunakan jasa desain Suba-Arch, untuk pembuatan PBG dengan desain yang sudah ada silakan hubungi CS kami terlebih dahulu.